Sunday, December 9, 2018

BAB V
KEGIATAN JUAL BELI
PENGERTIAN JUAL BELI
Jualbeliadalahkegiatanmenjualataumembelibarangdanjasa. Kegiatanjualbeliterjadikarenaadasyarat-syarattertentu. Syaratterjadinyajualbeliadalahterdapatpenjualdanpembeli. Selainituadabarangdagangan. Dalamkegiatanjualbeliterdapattawar-menawar. Hargabarangdagangandapatberkurang. Jualbeliterjadibilaadakesepakatanhargaantarapenjualdanpembeli. Apakahtawar-menawarberlakuuntuksemuakegiatanjualbeli? Tentusajatidak. Hargasemuabarang di tokosudahditetapkan. Barangsudahditempeldengan label harga. Hargabarang di tokotidakbisaditawar.
            Manfaatkegiatanjualbeli :
1. Memperkenalkandanmemasarkanbaranghasilproduksi. Contohnyahasilkerajinan, hasilpertanian, danhasilproduksipabrik.
2. Memudahkanmasyarakatmendapatkanbarang yang diperlukan.
3. Menciptakanlapangankerja.


A.     KegiatanJualBeli Di LingkunganRumah
Setiapkeluargamempunyaikebutuhan. Kebutuhantersebutantara lain adalahmakanan, pakaian, dankebutuhanhiduplainnya. Untukmendapatkansemuakebutuhankitaharusberbelanja.Tempat-tempatperbelanjaanantara lain warung, toko, danpasar.
1.      Warung
Warung, yaitubangunan yang digunakanuntukmenjualbarangkebutuhansehari-haridalamjumlahkecil, biasanyaterdapat di rumah-rumah.
Contoh :beras, minyak, gula, kopi
Ciri-ciriwarung :
a.      Terdapatpenjualdanpembeli
b.      Menyediakankebutuhansehari-haridalamjumlahkecil
c.       Jikainginmembelisuatubarangdiambilkanolehpenjual
d.      Hargabarangbelumtertera
2.      Toko
Toko,yaitubangunan yang digunakanuntukmenjualbarangdalamukuran yang lebihbesar.
Barang yang dijual di tokobiasanyalebihbanyakdaripada di warung. Sekarangadatoko yang khususmenjualsatumacamkebutuhansaja. Misalnya, tokoberas, sepatu, pakaian, alatlistrik, danmainan. Hargabarang di tokosudahditetapkandantidakbolehditawar. Di tokokitabisamemilihbarangdenganbebasdanmembayarsesuaidenganharga yang telahditetapkan.
Ciri-ciriToko :
a.      Barang yang tersedialebihbanyakdanbebasmemilihbarangsesuaidenganselera.
b.      Hargasudahditetapkandantidakbolehditawar
c.       Membayarsesuaiharga yang telahditetapkan di kasir
d.      Terkadanghanyamenjualsatumacamkebutuhansajacontohnyatokopakaian.
3.      Pasar
Pasarmerupakantempatbertemunyapenjualdanpembeli. Penjualmerupakan orang yang menawarkandagangan. Sedangkanpembelimerupakan orang yang membelibarangdagangan.
Syarat-syaratterjadinyapasar:
a. Ada penjual
b. Ada pembeli
c. Ada barang yang diperjualbelikan
d. Ada transaksijualbeli
e. Ada tempattransaksi
a.      PasarTradisional
Pasartradisionalterdiridaribanyakpenjual. Biasanyapasardibagimenjadibeberapa gang. Gang dalampasarbiasanyadisebutdenganlos. Ada losbuah-buahan, pakaian, danberas. Di pasartradisionalbisaterjaditawarmenawarantarapenjualdanpembeli. Harga yang dibayarkanberdasarkankesepakatan. Kita membayarlangsungkepadapedagang. Kita jugadilayanilangsungolehpedagang.
CiriPasarTradisional :
a)      Terdiridaribanyakpenjual
b)      Terjaditawarmenawarantarapenjualdanpembeli
c)      Harga yang ditetapkanberdasarkankesepakatan
d)      Langsungmembayarkepadapedagang.
b.      Pasar Modern
Di pasar modern, tidakterjaditawarmenawar. Hargatelahditetapkanolehpenjual. Kita membayarmelaluikasir. Kasirmerupakanpetugaskhusus yang melayanipembayaran. Di pasar modern, kitabisamengambilsendiribarang yang kitainginkan. Dengan kata lain adalahswalayan/supermarket. Belanja di pasar modern lebihnyaman. Namunbiasanyaharganyalebihmahal. Kita tidakbisamenawarbarang yang kitainginkan.
Ciri-ciriPasar Modern
a)      Membayarmelaluikasir
b)      Lingkungannyamandanbersih
c)      Hargalebihmahalkarenakitatidakdapatmenawarbarang yang kitainginkan
d)      Barang-barang yang dijuallebihlengkapdanmutubarangterjamin
       
B.      KegiatanJualBeli Di LingkunganSekolah
Kegiatanjualbelidilingkungansekolahdapatberupakoperasisekolahdankantinsekolah.
1.      KoperasiSekolah
a.      PengertianKoperasiSekolah
Koperasisekolahadalahkoperasi yang anggotanya para siswa SD, SMP, SMA, madrasah, pesantren, atausekolah yang setingkat di mana koperasisekolahdidirikan. Koperasisebagaiperwujudanperekonomian yang berdasarkanasaskekeluargaanmerupakansektor yang pentingdalamperekonomian Indonesia. Sebagaiupayauntuktetapmemeliharakesinambunganperkoperasian di Indonesia, perluadanyausahamenciptakankader-kaderkoperasi yang baik. Kader koperasitersebutdapatdiperolehmelaluisuatu proses pendidikandanlatihanlangsung yang dapatdilaksanakan di sekolahmelaluipendiriankoperasisekolah.
b.      DasarPendirianKoperasiSekolah
Koperasisekolahdidirikanberdasarkan Surat KeputusanBersamaMenteriKoperasidanMenteriPendidikandanKebudayaan (sekarangDepartemenPendidikan Nasional) Nomor 51/M/SKB/ III/1984 danNomor 158/P/1984. Surat keputusaninimenunjukkanbahwakoperasisekolahmerupakanbadan yang cukuppentingdidirikansebagaisaranasiswauntukbelajardanbekerja. Koperasisekolahdibentukdenganpersetujuanrapat yang dihadirioleh para siswa, guru, kepalasekolah, dankaryawansekolah. Dalamrapattersebutdisusunjugaperaturan-peraturan yang berlakudalamkoperasisekolah. Koperasisekolahdiusahakandandiurusoleh para siswa. Penguruskoperasisekolahadalah para siswadandibimbingoleh para guru. Setiapkoperasimemerlukan modal dasar. Modal koperasidiperolehdarisimpanananggotanyadanmungkinjugapinjamandarisekolah yang bersangkutan. Simpanan para anggotakoperasisekolahberupasimpananpokok, simpananwajib, dansimpanansukarela. Karenakegiatankoperasisekolahmerupakankegiatanjualbeli, pastimendapatkankeuntungan. Keuntungantersebutdisisihkandandikenaldengansebutansisahasilusaha (SHU). SHU tersebutakandibagikankepadasetiapanggotakoperasisetiaptahunnya. Besarnya SHU yang diterimamasing-masinganggotaberbeda-bedadisesuaikandenganbesarnyajasadarimasing-masinganggota. Koperasisekolahdapatmemudahkansiswamemenuhikebutuhansekolah. Selainitu, siswadididikuntukbertanggungjawab, dibiasakanberlakusetiakawanterhadapsesamasiswa, danberlatihberorganisasi.
c.       Jenis Usaha KoperasiSekolah
Sebagaiusaha yang bergerak di lingkungansekolah, koperasisekolahmembuatberbagaijenisusaha yang berhubungandengankegiatan di sekolah. Kegiatan di sekolah yang utamaadalah proses belajarmengajar.
Olehkarenaitu, koperasisekolahmenyediakanberbagaikebutuhanuntukmemperlancar proses belajarmengajar. Usaha yang dilakukankoperasisekolahsebagaiberikut.
Usaha Jasa
Bermacam-macamjasadapatdiselenggarakanolehsiswamelaluikoperasisekolah. Contohusahajasatersebutsebagaiberikut.
a) Usaha JasaFotokopi
Usaha fotokopimerupakanjenisusahajasa yang cocokdilakukanolehkoperasisekolah. Sering guru memberikanbahanataumateripelajaran yang tidakdimilikisiswa. Denganadanyausahafotokopi, materitersebutdapatdimilikiolehsetiapsiswa.
b) Usaha SeragamSekolah
Penjualanseragamsekolahbiasanyajugadikelolakoperasi. Misalnya, pakaianolahraga, rok, celana, dasi, dantopi. Di koperasijugatersediakaos kaki, sabuk, hasduk, danperalatanpramuka.
2.      KantinSekolah
Kantinsekolahadalahwarungtempatmenjualmakanandanminuman yang berada di lingkungansekolah. Kantinsekolahdikelolaolehpihaksekolah, koperasisekolahatau pun pihak lain yang bekerjasamaatausudahmendapatkanizindaripihaksekolah. Padawaktuistirahat, biasanyasiswabanyakmembelianekamakanandanminuman di kantinsekolah. Kantinsekolahtidakmenyediakanbarangdagangan yang berupaperlengkapansekolah. Jumlahkantinpadasetiapsekolahberbeda-beda. Ada sekolah yang mempunyaisatukantindanada pula sekolah yang mempunyailebihdarisatukantin. Kantinsekolah di SD biasanyadikelolaolehpenjagasekolahatauistridaripenjagasekolahtersebut.


No comments:

Post a Comment