BAB V
KEGIATAN JUAL BELI
PENGERTIAN
JUAL BELI
Jualbeliadalahkegiatanmenjualataumembelibarangdanjasa.
Kegiatanjualbeliterjadikarenaadasyarat-syarattertentu.
Syaratterjadinyajualbeliadalahterdapatpenjualdanpembeli.
Selainituadabarangdagangan. Dalamkegiatanjualbeliterdapattawar-menawar.
Hargabarangdagangandapatberkurang.
Jualbeliterjadibilaadakesepakatanhargaantarapenjualdanpembeli.
Apakahtawar-menawarberlakuuntuksemuakegiatanjualbeli? Tentusajatidak.
Hargasemuabarang di tokosudahditetapkan. Barangsudahditempeldengan label harga.
Hargabarang di tokotidakbisaditawar.
Manfaatkegiatanjualbeli
:
1.
Memperkenalkandanmemasarkanbaranghasilproduksi. Contohnyahasilkerajinan,
hasilpertanian, danhasilproduksipabrik.
2. Memudahkanmasyarakatmendapatkanbarang yang
diperlukan.
3. Menciptakanlapangankerja.
A. KegiatanJualBeli
Di LingkunganRumah
Setiapkeluargamempunyaikebutuhan.
Kebutuhantersebutantara lain adalahmakanan, pakaian, dankebutuhanhiduplainnya.
Untukmendapatkansemuakebutuhankitaharusberbelanja.Tempat-tempatperbelanjaanantara
lain warung, toko, danpasar.
1. Warung
Warung,
yaitubangunan yang
digunakanuntukmenjualbarangkebutuhansehari-haridalamjumlahkecil,
biasanyaterdapat di rumah-rumah.
Contoh
:beras, minyak, gula, kopi
Ciri-ciriwarung
:
a.
Terdapatpenjualdanpembeli
b.
Menyediakankebutuhansehari-haridalamjumlahkecil
c.
Jikainginmembelisuatubarangdiambilkanolehpenjual
d.
Hargabarangbelumtertera
2. Toko
Toko,yaitubangunan
yang digunakanuntukmenjualbarangdalamukuran yang lebihbesar.
Barang
yang dijual di tokobiasanyalebihbanyakdaripada di warung. Sekarangadatoko yang
khususmenjualsatumacamkebutuhansaja. Misalnya, tokoberas, sepatu, pakaian,
alatlistrik, danmainan. Hargabarang di tokosudahditetapkandantidakbolehditawar.
Di tokokitabisamemilihbarangdenganbebasdanmembayarsesuaidenganharga yang
telahditetapkan.
Ciri-ciriToko
:
a.
Barang yang
tersedialebihbanyakdanbebasmemilihbarangsesuaidenganselera.
b.
Hargasudahditetapkandantidakbolehditawar
c.
Membayarsesuaiharga yang telahditetapkan di
kasir
d.
Terkadanghanyamenjualsatumacamkebutuhansajacontohnyatokopakaian.
3. Pasar
Pasarmerupakantempatbertemunyapenjualdanpembeli.
Penjualmerupakan orang yang menawarkandagangan. Sedangkanpembelimerupakan orang
yang membelibarangdagangan.
Syarat-syaratterjadinyapasar:
a.
Ada penjual
b.
Ada pembeli
c.
Ada barang yang diperjualbelikan
d.
Ada transaksijualbeli
e.
Ada tempattransaksi
a. PasarTradisional
Pasartradisionalterdiridaribanyakpenjual.
Biasanyapasardibagimenjadibeberapa gang. Gang
dalampasarbiasanyadisebutdenganlos. Ada losbuah-buahan, pakaian, danberas. Di
pasartradisionalbisaterjaditawarmenawarantarapenjualdanpembeli. Harga yang
dibayarkanberdasarkankesepakatan. Kita membayarlangsungkepadapedagang. Kita
jugadilayanilangsungolehpedagang.
CiriPasarTradisional :
a)
Terdiridaribanyakpenjual
b)
Terjaditawarmenawarantarapenjualdanpembeli
c)
Harga yang ditetapkanberdasarkankesepakatan
d)
Langsungmembayarkepadapedagang.
b. Pasar Modern
Di pasar modern, tidakterjaditawarmenawar.
Hargatelahditetapkanolehpenjual. Kita membayarmelaluikasir.
Kasirmerupakanpetugaskhusus yang melayanipembayaran. Di pasar modern,
kitabisamengambilsendiribarang yang kitainginkan. Dengan kata lain
adalahswalayan/supermarket. Belanja di pasar modern lebihnyaman.
Namunbiasanyaharganyalebihmahal. Kita tidakbisamenawarbarang yang kitainginkan.
Ciri-ciriPasar Modern
a)
Membayarmelaluikasir
b)
Lingkungannyamandanbersih
c)
Hargalebihmahalkarenakitatidakdapatmenawarbarang
yang kitainginkan
d)
Barang-barang yang
dijuallebihlengkapdanmutubarangterjamin
B. KegiatanJualBeli
Di LingkunganSekolah
Kegiatanjualbelidilingkungansekolahdapatberupakoperasisekolahdankantinsekolah.
1. KoperasiSekolah
a. PengertianKoperasiSekolah
Koperasisekolahadalahkoperasi
yang anggotanya para siswa SD, SMP, SMA, madrasah, pesantren, atausekolah yang
setingkat di mana koperasisekolahdidirikan.
Koperasisebagaiperwujudanperekonomian yang berdasarkanasaskekeluargaanmerupakansektor
yang pentingdalamperekonomian Indonesia.
Sebagaiupayauntuktetapmemeliharakesinambunganperkoperasian di Indonesia,
perluadanyausahamenciptakankader-kaderkoperasi yang baik. Kader
koperasitersebutdapatdiperolehmelaluisuatu proses pendidikandanlatihanlangsung
yang dapatdilaksanakan di sekolahmelaluipendiriankoperasisekolah.
b. DasarPendirianKoperasiSekolah
Koperasisekolahdidirikanberdasarkan
Surat KeputusanBersamaMenteriKoperasidanMenteriPendidikandanKebudayaan
(sekarangDepartemenPendidikan Nasional) Nomor 51/M/SKB/ III/1984 danNomor
158/P/1984. Surat keputusaninimenunjukkanbahwakoperasisekolahmerupakanbadan
yang cukuppentingdidirikansebagaisaranasiswauntukbelajardanbekerja.
Koperasisekolahdibentukdenganpersetujuanrapat yang dihadirioleh para siswa,
guru, kepalasekolah, dankaryawansekolah.
Dalamrapattersebutdisusunjugaperaturan-peraturan yang
berlakudalamkoperasisekolah. Koperasisekolahdiusahakandandiurusoleh para siswa.
Penguruskoperasisekolahadalah para siswadandibimbingoleh para guru. Setiapkoperasimemerlukan
modal dasar. Modal
koperasidiperolehdarisimpanananggotanyadanmungkinjugapinjamandarisekolah yang
bersangkutan. Simpanan para anggotakoperasisekolahberupasimpananpokok,
simpananwajib, dansimpanansukarela. Karenakegiatankoperasisekolahmerupakankegiatanjualbeli,
pastimendapatkankeuntungan.
Keuntungantersebutdisisihkandandikenaldengansebutansisahasilusaha (SHU). SHU
tersebutakandibagikankepadasetiapanggotakoperasisetiaptahunnya. Besarnya SHU
yang diterimamasing-masinganggotaberbeda-bedadisesuaikandenganbesarnyajasadarimasing-masinganggota.
Koperasisekolahdapatmemudahkansiswamemenuhikebutuhansekolah. Selainitu,
siswadididikuntukbertanggungjawab,
dibiasakanberlakusetiakawanterhadapsesamasiswa, danberlatihberorganisasi.
c. Jenis Usaha KoperasiSekolah
Sebagaiusaha yang bergerak di lingkungansekolah, koperasisekolahmembuatberbagaijenisusaha yang berhubungandengankegiatan di sekolah. Kegiatan di sekolah yang utamaadalah proses belajarmengajar.
Sebagaiusaha yang bergerak di lingkungansekolah, koperasisekolahmembuatberbagaijenisusaha yang berhubungandengankegiatan di sekolah. Kegiatan di sekolah yang utamaadalah proses belajarmengajar.
Olehkarenaitu,
koperasisekolahmenyediakanberbagaikebutuhanuntukmemperlancar proses
belajarmengajar. Usaha yang dilakukankoperasisekolahsebagaiberikut.
Usaha Jasa
Bermacam-macamjasadapatdiselenggarakanolehsiswamelaluikoperasisekolah. Contohusahajasatersebutsebagaiberikut.
a) Usaha JasaFotokopi
Usaha fotokopimerupakanjenisusahajasa yang cocokdilakukanolehkoperasisekolah. Sering guru memberikanbahanataumateripelajaran yang tidakdimilikisiswa. Denganadanyausahafotokopi, materitersebutdapatdimilikiolehsetiapsiswa.
b) Usaha SeragamSekolah
Penjualanseragamsekolahbiasanyajugadikelolakoperasi. Misalnya, pakaianolahraga, rok, celana, dasi, dantopi. Di koperasijugatersediakaos kaki, sabuk, hasduk, danperalatanpramuka.
Usaha Jasa
Bermacam-macamjasadapatdiselenggarakanolehsiswamelaluikoperasisekolah. Contohusahajasatersebutsebagaiberikut.
a) Usaha JasaFotokopi
Usaha fotokopimerupakanjenisusahajasa yang cocokdilakukanolehkoperasisekolah. Sering guru memberikanbahanataumateripelajaran yang tidakdimilikisiswa. Denganadanyausahafotokopi, materitersebutdapatdimilikiolehsetiapsiswa.
b) Usaha SeragamSekolah
Penjualanseragamsekolahbiasanyajugadikelolakoperasi. Misalnya, pakaianolahraga, rok, celana, dasi, dantopi. Di koperasijugatersediakaos kaki, sabuk, hasduk, danperalatanpramuka.
2. KantinSekolah
Kantinsekolahadalahwarungtempatmenjualmakanandanminuman
yang berada di lingkungansekolah. Kantinsekolahdikelolaolehpihaksekolah,
koperasisekolahatau pun pihak lain yang
bekerjasamaatausudahmendapatkanizindaripihaksekolah. Padawaktuistirahat,
biasanyasiswabanyakmembelianekamakanandanminuman di kantinsekolah.
Kantinsekolahtidakmenyediakanbarangdagangan yang berupaperlengkapansekolah.
Jumlahkantinpadasetiapsekolahberbeda-beda. Ada sekolah yang
mempunyaisatukantindanada pula sekolah yang mempunyailebihdarisatukantin.
Kantinsekolah di SD biasanyadikelolaolehpenjagasekolahatauistridaripenjagasekolahtersebut.
No comments:
Post a Comment